SEDIKIT MENGENAL IKATAN NOTARIS INDONESIA

Mon, 17-Jun-2019 12:06:19
Penulis : F. Davy Gunadi Natanegara, SH., Sp.1.
(Notaris/PPAT & Wakabid Prodi Magang Pengwil Jabar INI)

Menyambut HUT Ikatan Notaris Indonesia ke 111 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2019, tidak ada salahnya kita mengingat kembali tentang sejarah Ikatan Notaris Indonesia.

Ikatan Notaris Ikatan Notaris Indonesia berdiri pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Semakin bertambahnya jumlah notaris pada saat itu mendorong para notaris di Hindia Belanda mendirikan suatu organisasi perkumpulan bagi para notaris. Perkumpulan yang didirikan pada mulanya hanya ditujukan untuk bersilaturahmi diantara sesame notaris. Pada waktu itu perkumpulan satu-satunya bagi notaris di Hindia Belanda adalah de Nederlandsch Indische Notarieele Vereniging yang didirikan di Batavia pada tanggal 1 Juli 1908.

Perkumpulan ini berhubungan erat dengan Broederschap van Candidaat Notarissen in Nederland en zijne Kolonien dan Broderschap der Notarissen di Belanda dan diakui sebagai badan hukum dengan Gouvernements Besluit (Penetapan Pemerintah) tanggal 5 September 1908 Nomor 9. Para pengurus perkumpulan ini adalah beberapa orang notaris berkebangsaan Belanda, yaitu L.M. Van Sluijters, E.H. Carpentir Alting, H.G. Denis, H.W. Roebey dan W. An De Meer. Anggota perkumpulan tersebut pada waktu itu adalah para notaris dan candidat/ calon notaris di Hindia Belanda.

Setelah Indonesia merdeka, notaris Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan lama tersebut, dengan diwakili oleh Notaris Eliza Pondaag selaku ketua perkumpulan mengajukan permohonan kepada Pemerintah dalam hal ini Menteri Kehakiman Republik Indonesia dengan suratnya tanggal 17 November 1958 untuk mengubah anggaran dasar perkumpulan tersebut. Dengan dikeluarkannnya penetapan oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia tanggal 4 Desember 1958 Nomor J.A.5/117/6, perubahan anggaran dasar perkumpulan dinyatakan telah sah dan sejak diumumkannya anggaran dasar tersebut dalam Tambahan Berita Negara Republik Indonesia tanggal 6 maret 1959 Nomor 19 nama perkumpulan Nederlandsch Indische Notarieele Vereeniging berubah menjadi Ikatan Notaris Indonesia yang mempunyai tempat kedudukan di Jakarta dan sampai saat ini merupakan satu-satunya perkumpulan bagi notaris Indonesia. Ikatan Notaris Indonesia pada saat ini menjadi anggota ke 66 dari Organisasi Notaris Latin Internasional (International Union of Latin Notaries/UINL) pada tanggal 30 Mei 1997 di Santo Dominggo, Dominica.

Pada saat ini Ikatan Notaris Indonesia memasuki tahun ke 111 dengan Ketua Umum Ikatan Notaris Indonesia adalah Ibu Yualita Widyadhari, S.H., M.Kn, yang terpilih kembali untuk kedua kalinya pada Konges XXIII Ikatan Notaris Indonesia di Makassar pada tanggal 1 Mei 2019. Memasuki usianya yang ke 111, Anggaran Dasar Ikatan Notaris Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan, terakhir perubahan Anggaran Dasar tersebut dirubah dalam Kongres Luar Biasa Ikatan Notaris Indonesia di Banten pada tanggal 29-30 Mei 2015. Begitu pula terhadap Angaran Rumah Tangga, terakhir kali dirubah pada Rapat Pleno Pengurus Pusat Yang Di-perluas di Balikpapan pada tanggal 12 Januari 2017.
Perkumpulan juga melakukan perubahan terhadap Kode Etik Notaris pada Kongres Luar Biasa Ikatan Notaris Indonesia di Banten pada tanggal 29-30 Mei 2015 tersebut. Selain Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Kode Etik Notaris, perkumpulan juga menghasilkan beberapa peraturan perkumpulan, diantaranya :

  1. Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 01/PERKUM/INI/2017 Tentang Hymne Ikatan Notaris Indonesia.

  2. Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 02/PERKUM/INI/2017 Tentang Tata Kelola dan Administrasi Perkumpulan.

  3. Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 03/PERKUM/INI/2017 Tentang Lambang, Bendera, Dan Pataka Ikatan Notaris Indonesia.

  4. Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 05/PERKUM/INI/2017 Tentang Rekomendasi Pindah Tempat Kedudukan Dan Rekomendasi Perpanjangan Masa Jabatan.

  5. Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 08/PERKUM/INI/2017 Tentang Tata Cara Pemberian Bantuan Hukum Dan Pendampingan Kepada Anggota Ikatan Notaris Indonesia.

  6. Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 09/PERKUM/INI/2018 Tentang Iuran Anggota.

  7. Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 10/PERKUM/INI/2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Perkumplan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 06/PERKUM/ INI/2017 Tentang Magang.

  8. Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 11/PERKUM/INI/2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 07/PERKUM/INI/2017 Tentang Mekamisme Pelaksanaan Kegiatan di Tingkat Pengurus Daerah Dan Pengurus Wilayah.

  9. Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 12/PERKUM/INI/2018 Tentang Kriteria Ahli Dan Tata Cara Permintaan Ahli.

  10. Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 13/PERKUM/INI/2018 Tentang Tata Cara Pemberian dan Penggunaan Poin.

  11. Peraturan Perkumpulan Ikatan Notaris Indonesia Nomor 14/PERKUM/INI/2018 Tentang Pendaftaran Anggota Luar Biasa Ikatan Notaris Indonesia (ALB INI).